SMA NEGERI 2 BREBES

Jl. Ahmad Yani No.77, Brebes, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52212, Telp : 0283-671060

"VIDYA DHARMA CISYASANGHA"

Perdana P5 Di SMA N 2 Brebes

Rabu, 05 Oktober 2022 ~ Oleh SMA N 2 BREBES ~ Dilihat 2135 Kali

Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5)merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. 

Gambaran Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

  1. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
  2. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler.
  3. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
  4. Pendidik dapat tetap melaksanakan pembelajaran berbasis projek di kegiatan mata pelajaran (intrakurikuler). Pembelajaran berbasis projek di intrakurikuler bertujuan mencapai Capaian Pembelajaran (CP), sementara projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan mencapai kompetensi profil pelajar Pancasila.

  

Projek P5 ini dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2022 sampai tanggal 7 Oktober 2022, dillaksanakan di SMA Negeri 2 Brebes, yang beralamat Jl Jnd. Ahmad Yani No. 77 dan Ikuti sebanyak 412 siswa kelas X. karena di SMA N 2 Brebes Baru kelas yang menggunakan kurikulum merdeka, dimana P5 ini adalah salah kegiatan pembelajan di kurukulum merdeka. 

Pada Proyek P5 ini kami mengambil tema "Jejak karbon Jejak Kita di Bumi". Dimana dengan tema ini peserta didik di harapkan mengenal apa itu karbon(C02), dari mana saja karbon di produksi, bagaimana efeknya bahaya di bumi kita, kejadian apa saja yang di timbulkan dari efek karbon yang bekelebihan dan bagamana seharusnya kita menyikapi hal ini. 

Dalam Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini, Siswa melakukan beberapa kegiatan dari seminar-seminar tentang karbon, pembuatan Pupuk Kompos Cair dan lain-lain. Dimana narasumbernya berasal dari guru-guru SMA N 2 Brebes dan ada beberapa dari luar yaitu dinas terkait. Kemudian kegiatan berikutnya Peserta didik Praktek membuat Pupuk Organik Cair(POC), Meluskis di media pot gerabah,menanam tanaman hias di pot. Selain kegiatan tersebut  juga ada kegiatan lain, yaitu membuat karya pentas seni tentan jejak karbon, makan buah bersama, olaraga, senam, bersih-bersih lingkungan, dan terakhir membuat laporan.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT