SMA NEGERI 2 BREBES

Jl. Ahmad Yani No.77, Brebes, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52212, Telp : 0283-671060

"VIDYA DHARMA CISYASANGHA"

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN GABUNGAN (LDKG) SMA NEGERI 2 BREBES DI MASA PANDEMI

Minggu, 04 Oktober 2020 ~ Oleh SMA N 2 BREBES ~ Dilihat 3582 Kali

Latihan Dasar Kepemimpinan Gabungan “ Membangun Mental Pemimpin Muda Berkarakter dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Gabungan untuk Perubahan Dasar Organisasi”

  Dewan Perwakilan Organisasi (DPO) yang terdiri dari OSIS, Ekstrakurikuler Pramuka ,Palang Merah Remaja (PMR), Pleton Khusus (Tonsus), dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMA Negeri 2 Brebes menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Gabungan untuk yang ke- 2 Kalinya yang mempunyai tema “ Membangun Mental Pemimpin Muda Berkarakter dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Gabungan untuk Perubahan Dasar Organisasi”. Pada tahun ini kegiatan LDKG istimewa berbeda dengan tahun sebelumnya karena LDKG pada kali ini dilaksanakan secara Daring ( Dalam Jaringan) pada Jumat- Minggu , 2- 4 Oktober 2020.

    Acara ini di isi oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Brebes yaitu Bapak Dani Rumdani S.Pd. M.Pd, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Bapak Ady Priyono S.Pd .M.Pd,Para pembina OSIS, Pembina Ekstrakurikuler Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan Pleton Khusus (Tonsus). Serta Panitia siswa dan Peserta LDKG,dengan Wakil panitia Andre Maulana, Sekretaris Dina Apriyani,isnani Nurazizah;Bendahara Widya Fajarini ,M.Hafidz Haqul Bayan.

Ketua Panitia LDKG Bagus Aryadinantasyah dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan acara rutin setiap tahun. Tujuan kegiatan ini adalah Mengasah jiwa kepemimpinan siswa serta juga meneruskan kepengurusan atau Regenerasi kepengurusan masa Bhakti sebelumnya. Walaupun dalam masa pandemi covid 19 bukan berarti tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan LDKG . Oleh karena itu sesuai dengan  protokol kesehatan LDKG pada tahun ini dilaksanakan dengan Daring di rumah masing masing peserta. Kegiatan LDKG II Masa Bhakti 2020/2021 SMA Negeri 2 Brebes diikuti oleh 125 peserta dengan 31 Panitia siswa. Harapannya dengan adanya kegiatan ini adalah memberi bekal kepada siswa untuk menjalankan organisasi di masa yang akan datang.

   Pelatihan LDKG ini sangat penting untuk membentuk dan menjadikan generasi muda yang tangguh berbudi pekerti luhur dan membentuk jiwa pemimpin yang baik. Siswa yang mengikuti kegiatan LDKG ini merupakan kader kader pemimpinan bangsa di masa depan .Dengan adanya LDKG ini akan menumbuhkan sikap disiplin,tanggung jawab serta kemandirian siswa. Banyak tantangan ketika melaksanakan kegiatan LDKG ini salah satunya adalah memanajemen waktu yang baik antara membantu orang tua dan melaksanakan tugas tugas yang ada di LDKG.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi  latihan Dasar Kepemimpinan berupa Kepemimpinan  dalam berorganisasi di masa pandemi,manajemen organisasi dan analisis SWOT,Proposal Kegiatan dan proposal sponsorship,Membuat dan menyusun laporan pertanggungjawaban. Yang selruh kegiatannya dilakukan secara online melalui platfrom zoom meeting, Microsoft team ,telegram, dan instagram.

Jerih payah panitia telah terbayar sudah dengan sukses dan lancarnya acara dan alhamdulilah ditutup oleh Bapak Dani Rumdani S.Pd M.Pd selaku  Kepala SMA Negeri 2 Brebes.  Smandabes Juara

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT